Home / INSPIRASI  / Menuju Ampunan, Menebar Kebaikan

Menuju Ampunan, Menebar Kebaikan

"Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah" (QS. Al-Hadid 57: Ayat 27)

الحَمْدُ للهِ الَّذِى اَمَرَنَا بِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَائِيْتَاءِذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ لِيُخْرِجَنَا مِنَ الضُّلُمَاتِ اِلَى النُّوْرِ وَيَجْعَلَنَا مِنْ خَيْرٍ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهِ وَاحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اَفْضَلِ الْخَلْقِ وَ الْمَخْلُوْقَاتِ. اَمَّابَعْدُ.

فَيَااَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ حَيْثُ مَاكُنْتَ وَاتْبِعُوا السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقُوا النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْعَضِيْمِ: اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. 

سَابِقُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِۙ اُعِدَّتْ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ ذٰلِكَ فَضْلُ اللّٰهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَاللّٰهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ

وَ قَالَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم: كُلُّ بَنِى آدَمَ خَطَّاؤُوْنَ وَخَيْرُ الْخَطَّائِيْنَ التَّوَّابُونَ (رواه ترمذى و حاكم

Syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah Swt atas segala nikmat Anugerah Yang Terbaik dan Terindah semoga nikmat tersebut dapat kita daya upayakan untuk meraih kemuliaan di sisi Allah SwT. Aamiin.

Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan kita Rasulullah Muhammad SAW atas segala ajaran dan teladannya dalam rangka membangun sumber daya Insani yang tercerahkan secara rohaniah dan tersejahterakan secara material. Keteladanannya dalam rangka menanamkan akhlakul karimah menjadi bukti pencerahan kehidupan ini, karena Akhlak Yang Mulia menjadi garansi dalam membangun kehidupan sejahtera secara jasmaniah maupun rohaniah.

Marilah kita saling berwasiat iman dan takwa kepada Allah Swt, karena kunci keselamatan di dunia dan akhirat terletak pada sejauhmana keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Segala aset yang kita miliki hakekatnya adalah milik Allah Swt, Sekalipun kita mengelola dan memanfaatkannya dengan baik. Segala yang kita peroleh hari ini semuanya adalah anugerah yang diberikan oleh Allah Swt. Hal ini hanya sebagian nikmat yang dianugerahkan, sisanya kelak akan dianugerahkan oleh Allah kelak ketika kita berjumpa denganNya ‘inda liqoa rabby dengan segenap amal sholeh yang terbaik yang telah kita lakukan saat ini dan di sini di dunia, sebagai balasan atas ketaatan dan penghambaan kita kepada Allah SwT.

Jamaah yang berbahagia

Kita renungkan firman Allah Swt 

سَابِقُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِۙ اُعِدَّتْ لِلَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِاللّٰهِ وَرُسُلِهٖۗ ذٰلِكَ فَضْلُ اللّٰهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُ ۚوَاللّٰهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيْمِ

“Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah mempunyai karunia yang besar.” (QS. Al-Hadid 57: Ayat 21).

Ayat ini mengajak kita untuk selalu berlomba-lomba dalam kebaikan meraih ampunan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena setiap diri manusia mempunyai kesalahan dan dosa dan setiap saat kita dituntut untuk memperbaiki perilaku kita perbuatan kita agar sesuai dengan tolak ukur dan panduan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Semoga semua kebaikan akan mendapatkan balasan yang lebih baik dari sebelumnya amiin

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga befirman:

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مِّنْ قَبْلِ اَنْ نَّبْرَاَهَا ۗاِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌۖ

“Setiap bencana yang menimpa di bumi dan yang menimpa dirimu sendiri, semuanya telah tertulis dalam Kitab (Lauh Mahfuz) sebelum Kami mewujudkannya. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah” (QS. Al-Hadid 57: Ayat 27)

Karenanya marilah kita senantiasa memperbaiki amal kita menyiapkan  bekal yang cukup dan terbaik. Karena sejatinya setiap kebaikan demi kebaikan yang kita kerjakan akan mendekatkan diri pada takdir dan ketetapan allah yang baik pula. Ingat Allah tidak akan merubah keadaan suatau kaum, sampai suatu kaum itu sendirilah yang memulai dan mengerjakan perubahan tersebut.

Semoga kita selalu produksi amal amal kebaikan, setiap langkah yang kita ayunkan adalah kebaikan, setiap yang kita pikirkan dan niatkan adalah kebaikan. Karena setiap kebaikan tidak ada balasan kecuali kebaikan too…

هَلْ جَزَاۤءُ الْاِحْسَانِ اِلَّا الْاِحْسَانُۚ

“Tidak ada balasan untuk kebaikan selain kebaikan (pula).” (QS. Ar-Rahman 55: Ayat 27)

Semoga semua kebaikan akan mendapatkan balasan yang lebih baik dari sebelumnya amiin

Jamaah yang berbahagia

Iman dan takwa bekal sejati hidup ini, saling berbagi di tengah krisis untuk meringankan beban saudara kita, selalu menjaga pola hidup sehat, selalu berikhtiar dan berusaha yang terbaik, tidak lupa memohon perlindungan kepada Allah Swt dengan doa terbaik, amiin.

Akhirnya marilah kita mohon kepada Allah Swt sebaik-baik pelung dan seindah-indah keberhasilan, semoga dosa dan kesalahan kita diampuni Allah Swt, dosa kedua orang tua kita, dosa guru kita, dan dosa para pemimpin kita serta seluruh kaum muslimin dan muslimat di mana saja, semoga saudara kita yang sedang sakit segera diberikan kesembuhan dan kembali beraktivitas dengan baik, semoga kita terhindar dari segala bala bencana, goda rencana dan wabah pandemic Covid-19 dan penyakit lainnya, semoga anak-anak kita sebagai generasi penerus yang sholeh dan sholehah menjadi imamnya orang-orang yang sholeh, sukses di dunia dan selamat di akhirat aamiin.

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ -١- فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ -٢- إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ -٣-

بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِى وَاِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاَيَاتِ وَ الذِكْرِ اْلحِكِيمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّى وَمِنْ كُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ      

Khutbah kedua 

الحَمْدُ للهِ الَّذِى اَمَرَنَا بِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَائِيْتَاءِذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ لِيُخْرِجَنَا مِنَ الضُّلُمَاتِ اِلَى النُّوْرِ وَيَجْعَلَنَا مِنْ خَيْرٍ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهِ وَاحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اَفْضَلِ الْخَلْقِ وَ الْمَخْلُوْقَاتِ. اَمَّابَعْدُ.

فَيَااَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ حَيْثُ مَاكُنْتَ وَاتْبِعُوا السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقُوا النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ. 

وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّا بِمَلاَئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ.

قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْعَضِيْمِ: اِنَّ اللهَ وَ مَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي يَا اَيُّهَا الْذِيْنَ اَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمُ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَاجْعَلْنَا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

حَمْدًا نَاعِمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِ نِعَامَهُ وَيُكَافِ مَزِيْدَ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَايَنْبَغِ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَضِيْمُ السُّلْطَانِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ َاْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبُ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ يَاقَضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ أَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَأَهْلِكَ الْكَفَارَ وَالْمُشْرِكِيْنَ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا جَمْعًا مَغْفُوْرًا وَتَفَرُقَنَا بَعْدَ هَذَا تَفَرُقًا مَرْحُومًا. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ يَوْمِنَا هَذَا أَوَّلُهُ صَلاَحًا وَأَوْسَطُهُ فَلاَحًا وَاَخِرُهُ نَجَاحًا بَاهِرًا بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتَخَسُّوعَنَا وَجَمِيْعِ عِبَاذَتَنَا وَتَمِّمُ تَكْثِيْرَنَا يَاالله. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةَ حَسَنَةً وَقِنَا عَدَابَ النَّارِ.

عِبَادَ اللهِ اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَائِيْتَائِىذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَااذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمِ يَذْكُرُكُمْ وَاشْكُرُوهْ عَلَى نِعَمَهُ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهُ أَكْبَرُ.

Oleh Muhammad Julijanto, Sekretaris PDM Wonogiri

Sumber : Suara Muhammadiyah

arjint2004@gmail.com

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT