Home / KAJIAN  / AQIDAH  / Tarjih Series: Iman

Tarjih Series: Iman

Di dalam sanubari setiap muslim, tertanam fondasi kokoh bernama iman. Kata "iman" sendiri berasal dari bahasa Arab, "amana", yang bermakna percaya. Namun, makna iman dalam Islam jauh melampaui sebatas kepercayaan biasa. Iman adalah keyakinan teguh

Pengertian Iman

Menurut Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah (HPTM), iman adalah keyakinan yang teguh yang bersumber dari hati nurani dan akal pikiran yang meyakini adanya Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, Hari Akhir, dan qada dan qadar Allah SWT. Iman ini bukan hanya sekedar pengakuan di lisan, tetapi juga keyakinan yang mendalam di dalam hati dan dibuktikan dengan amal perbuatan.

Rukun Iman

Rukun iman terdiri atas enam pilar, yaitu:

(1) Iman kepada Allah SWT: Yakin bahwa Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang wajib disembah, tidak ada tuhan lain selain Dia.
(2) Iman kepada Malaikat: Yakin bahwa malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang bertugas menyampaikan wahyu, menjalankan perintah Allah SWT, dan menjaga alam semesta.
(3) Iman kepada Kitab-kitab Allah SWT: Yakin bahwa Allah SWT menurunkan kitab-kitab suci kepada para rasul-Nya sebagai pedoman hidup manusia.
(4) Iman kepada Rasul-rasul Allah SWT: Yakin bahwa Allah SWT mengutus para rasul untuk menyampaikan risalah-Nya kepada manusia.
(5) Iman kepada Hari Akhir: Yakin bahwa Allah SWT akan membangkitkan semua manusia di hari kiamat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
(6) Iman kepada Qada dan Qadar: Yakin bahwa segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini adalah atas kehendak dan ketentuan Allah SWT.

Hubungan Iman dan Islam

Iman dan Islam adalah dua hal yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Islam adalah agama yang diajarkan oleh Allah SWT melalui para rasul-Nya, sedangkan iman adalah keyakinan yang dimiliki oleh seorang muslim terhadap ajaran Islam tersebut. Seseorang tidak dapat dikatakan beriman jika tidak beragama Islam, dan sebaliknya, seseorang tidak dapat dikatakan beragama Islam jika tidak memiliki iman.

Pentingnya Iman

Iman memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Iman menjadi dasar bagi amal perbuatan dan menentukan kualitas hidup seorang muslim. Iman yang kuat akan mendorong seorang muslim untuk selalu berbuat kebaikan dan menjauhi segala larangan Allah SWT. Iman juga akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan batin bagi seorang muslim.

Penutup

Memahami konsep iman sangatlah penting bagi seorang muslim. Dengan memahami konsep ini, seorang muslim dapat meningkatkan kualitas imannya dan mengamalkan ajaran Islam dengan sebaik-baiknya.

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT