Home / KAJIAN  / Tarjih Series: Kitab Masalah Lima

Tarjih Series: Kitab Masalah Lima

Masalah Lima: Pokok-Pokok Pemikiran Muhammadiyah tentang Agama, Dunia, Ibadah, Sabilillah, dan Ijtihad

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan semesta alam, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya. Shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat, dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Di tengah gejolak modernisasi dan kebangkitan Islam pada awal abad ke-20, Muhammadiyah hadir sebagai organisasi Islam yang membawa angin pembaharuan. Lahirnya Muhammadiyah diiringi dengan berbagai pemikiran inovatif yang tertuang dalam lima pokok bahasan penting, yang dikenal dengan Masalah Lima.

Masalah Lima bagaikan kompas yang menuntun langkah Muhammadiyah dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam. Kelima pokok bahasan ini, yaitu agama, dunia, ibadah, sabilillah, dan ijtihad, menjadi landasan bagi Muhammadiyah dalam menjawab berbagai persoalan umat Islam di masanya.

Pembukaan ini mengantarkan Anda untuk menyelami lebih dalam makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam Masalah Lima. Kita akan menelusuri akar pemikiran Muhammadiyah, memahami konteks historisnya, dan mengkaji relevansinya dengan kehidupan umat Islam di era modern.

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT