Home / INSPIRASI  / Teks Khutbah Jumat Singkat : KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM

Teks Khutbah Jumat Singkat : KEUTAMAAN BULAN MUHARRAM

Artinya: "Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam." (HR. Muslim)

Khutbah Awal

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَ مِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِىَ لَهُ, وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ, اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ, يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Puji dan syukur hanyalah milik Allah Subahanahu wa ta’ala atas pemberian nikmat-Nya kepada kita, sholawat serta salam  semoga senantiasa terlimpahkan kepada Uswah kita Nabi Besar Muahammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Salam. Selanjutnya Khotib berwasiat dari mimbar yang mulia ini marilah kita tingkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Allah Subahanahu wa ta’ala.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram yang dimuliakan oleh Allah SWT. Allah berfirman dalam Surah At-Taubah ayat 36:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Artinya: “Sesungguhnya jumlah bulan di sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.”

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلَاةُ اللَّيْلِ

Artinya: “Puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Bulan Muharram juga mengingatkan kita akan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah. Peristiwa hijrah ini bukan sekadar perpindahan tempat, tetapi juga perpindahan dari keadaan yang sulit menuju keadaan yang lebih baik. Hijrah mengajarkan kita tentang pengorbanan, perjuangan, dan tekad yang kuat untuk meraih ridha Allah SWT.

Sebagai umat Islam, kita diingatkan untuk selalu melakukan hijrah dalam makna yang lebih luas, yaitu hijrah dari keburukan menuju kebaikan, dari maksiat menuju taat, dan dari ketidakpedulian menuju kepedulian. Marilah kita menjadikan Muharram sebagai momentum untuk refleksi diri dan memperbaiki diri kita agar lebih baik di hadapan Allah SWT.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Ada banyak Amalan-Amalan di Bulan Muharram yang bisa kita lakukan sebagai suatu keutamaan dalam Ibadah diantaranya adalah Pertama Berpuasa yaitu Puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram, ini sangat dianjurkan karena memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah SAW bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ، إِنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa pada hari Asyura, saya berharap kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)

Kedua Memperbanyak Amal Shalih, Selain berpuasa, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal shalih seperti sedekah, berzikir, membaca Al-Qur’an, dan melakukan ibadah lainnya.

Yang Ketiga adalah Menghindari Perbuatan Maksiat, Bulan Muharram adalah bulan yang mulia, sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam menjauhi perbuatan maksiat dan dosa.

Jamaah Jumat Rahimakumullah

Marilah kita menyambut bulan Muharram dengan penuh rasa syukur dan semangat untuk meningkatkan amal ibadah kita, sebagai moment untuk intropeksi diri, Muhasabah agar lebih baik dari hari-hari kemarin, seperti Firman Allah SWT dalam surat Al-Hasyr ayat 18  :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ

Artinya : “Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan”

Marilah kita terus mengingat pentingnya menyambut bulan Muharram dengan hati yang bersih dan tekad yang kuat untuk memperbaiki diri. Mari kita berdoa kepada Allah SWT agar kita diberikan kekuatan dan petunjuk untuk menjalani bulan ini dengan penuh berkah. Semoga Allah SWT memberikan kita kekuatan untuk menjalankan ibadah dengan baik dan meraih ridha-Nya. Aamiin ya rabbal ‘aalamiin.

بارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَاِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْاٰيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلَاوَتَهُ اِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Khutbah 2

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ حَمْدًا كَثِيْرًا كَمَا أَمَرَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ وَلآَهُ أَمَّا بَعْدُ فَيَا عِبَادَ اللَّهِ أُصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَ اللَّهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ وَقَالَ تَعَالَى يَا اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا اتَّقُوْا اللّٰهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَاأَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ، إِنَّكَ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَاتِ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Oleh : Ustadz  Mudiyono, S.Pd.I (KMM Gunungkidul)

Sumber : https://www.materikhutbah.com/2024/07/Keutamaan-Bulan-Muharram.html , diakses pada Kamis, 04 Juli 2024.

arjint2004@gmail.com

Review overview
NO COMMENTS

POST A COMMENT